bisnis

hate the betrayalman angry at the betrayal

badai dengan sejuta rasa pahit. Derai diatas derita yang bergelumit. Tangan menengadah seakan tak satupun dosa jatuh genit. Dan kelicikan sang iblis kembali menggerogot dengan sengit.

Tuhan menciptakan makhluk luar biasa. Dengan segala rasa yang tak kuasa. Tetapi tanpa sadar dia berkata. Bahwa dia adalah Tuhan didunia. Apa hak kamu untuk mengaku dengan rasa.

Hidup sempit seperti raga tak bertulang belakang. Dengan sengajanya kau menindas kedalam hutan belaka. Dengan sejuta ranting dalam jelaga. Serta duri dan jeruji yang menusuk raga.

Srigala kembali hadir. Berbulu domba dengan sidang tanpa dosa. Tidur saat keperluan menimpa. Tanpa sadar menerima gaji buta. Dan kau tetap kau sang Iblis. Penyibak rasa haus dahaga. Dengan sejuta tangan kau renggut hak-hak rakyat negara. Dan tanpa kau sadari kau memang Manusia pemakan Otak Manusia. Manusia tanpa kelamin yang memang harus diinjak diatas meja hijau.

Dan takkan ada lagi sidang dalam mimpi.
Takkan ada lagi rapat dengan ditemani tontonan nafsu tak sudi.
Dan takkan ada lagi penggerogot jiwa dan raga diri.

BIsNIS

Jumat, 23 September 2011

BUKU BSE SMA Soal TIK kelas XI


Soal TIK kelas XI
a. Soal Teori
Kerjakan soal di bawah ini !
1. Apakah fungsi utama sebuah Internet Service Provider? 
2. Apa komponen utama sebuah Internet Service Provider? 
3. Sebutkan   jenis   media   komunikasi   yang   sering   digunakan   oleh   perorangan   untuk 
tersambung ke ISP. 
4. Server apa saja yang biasanya di letakan di ISP? 
5. Apa fungsi router di ISP? 
6. Apa   perbedaan   utama   jenis  media   komunikasi   perorangan   dan   perkantoran   dalam 
tersambung ke Internet? 
7. Apa yang perlu diperhatikan dalam menyambungkan modem telepon ke Internet? 
8. Dari manakah username & password untuk dial­up diperoleh? 
9. Bagaimana cara kita melihat jaringan HotSpot? 
10. Mungkinkah kita memilih SSID dari jaringan HotSpot yang akan kita hubungi? 
11. Mungkinkah sebuah komputer di jaringan LAN tersambung ke Internet tanpa perlu di 
konfigurasi sama sekali? 
12. Apa fungsi alamat IP? 
13. Bagaimana cara menngek sambungan ke Internet? 
14. Berapa jarak jangkau peralatan Wireless di RT/RW­net? 
15. Perlukah   kita   menggunakan   peralatan   Wireless   Internet   untuk   menyambungkan 
peralatan komputer di RT/RW­net pada jarak 50 meter? 
16. Perlukah Router di jaringan RT/RW­net?









Rounded Rectangle: JAWABAN 






1.      Fungsi utama sebuah Internet Service Provider (ISP) adalah memberikan jasa kepada masyarat untuk mengakses Internet.
Fungsi utama ISP adalah menyediakan layanan jaringan internet bagi pelanggannya.
2.    komponen utama sebuah ISP adalah peralatan router dan server yang dibantu peralatan telekomunikasi untuk menyalurkan data.
Komponen utama ISP di sisi user/pelanggan, adalah modem. bisa berupa modem kabel (speedy misalnya) atau modem wireless (flexinet misalnya). gunanya modem ini menghubungkan jaringan ISP dengan pelanggan. kemudian di sisi ISP, ada server untuk mengatur para pelanggan. misalnya kamu langganan paket dengan kuota tertentu, nanti server ISP ini akan mengatur berapa kuota yang sudah kamu pakai, dan berapa speed koneksi yang dialokasikan buat kamu. selain itu di ISP ada komponen lain yaitu koneksi ke jalur internet utama (backbone internet). ini yang nanti membedakan kualitas layanan antar-ISP.
3.    bisa memakai kabel telepon, atau wireless modem (3G untuk GSM dan EVDO untuk CDMA).
.jenis media komunikasi yang sering digunakan oleh perorangan untuk tersambung ke ISP adalah melalui telepon, jaringan local LAN, menggunakan Hotspot, menggunakan ADSL, dan RT/RW-Net.
4.    Server yang biasa diletakan di ISP yaitu server yang menggunakan system operasi Open Source.
5.    fungsi router di ISP adalah untuk menyambungkan ISP satu dengan ISP lainnya dan mengatur komunikasi antara internet dan pelanggan.
Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan, untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).
Sebagai ilustrasi perbedaan fungsi dari router dan switch, switch merupakan suatu jalanan, dan router merupakan penghubung antar jalan. Masing-masing rumah berada pada jalan yang memiliki alamat dalam suatu urutan tertentu. Dengan cara yang sama, switch menghubungkan berbagai macam alat, dimana masing-masing alat memiliki alamat IP sendiri pada sebuah LAN.
Router sangat banyak digunakan dalam jaringan berbasis teknologi protokol TCP/IP, dan router jenis itu disebut juga dengan IP Router. Selain IP Router, ada lagi AppleTalk Router, dan masih ada beberapa jenis router lainnya. Internet merupakan contoh utama dari sebuah jaringan yang memiliki banyak router IP. Router dapat digunakan untuk menghubungkan banyak jaringan kecil ke sebuah jaringan yang lebih besar, yang disebut dengan internetwork, selain itu bisa juga untuk membagi sebuah jaringan besar ke dalam beberapa subnetwork untuk meningkatkan kinerja dan juga mempermudah manajemennya. Router juga kadang digunakan untuk mengoneksikan dua buah jaringan yang menggunakan media yang berbeda seperti halnya router-wireless yang pada umumnya selain dapat menghubungkan komputer dengan menggunakan radio, ia juga mendukung penghubungan komputer dengan kabel UTP, atau berbeda arsitektur jaringan, seperti halnya dari Ethernet ke Token Ring.
Router juga dapat digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah layanan telekomunikasi seperti halnya telekomunikasi leased line atau Digital Subscriber Line (DSL). Router yang digunakan untuk menghubungkan LAN ke sebuah koneksi leased line seperti T1, atau T3, sering disebut sebagai access server. Sementara itu, router yang digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal ke sebuah koneksi DSL disebut juga dengan DSL router. Router-router jenis tersebut umumnya memiliki fungsi firewall untuk melakukan penapisan paket berdasarkan alamat sumber dan alamat tujuan paket tersebut, meski beberapa router tidak memilikinya. Router yang memiliki fitur penapisan paket disebut juga dengan packet-filtering router. Router umumnya memblokir lalu lintas data yang dipancarkan secara broadcast sehingga dapat mencegah adanya broadcast storm yang mampu memperlambat kinerja jaringan.
6.    perbedaan utama jenis media komunikasi perorangan dan perkantoran dalam tersambung ke Internet yaitu : Perorangan meggunakan modem Dial-up, handphone, dan meggunakan WiFi, sedangkan perkantoran menggunakan modem ADSL atau Speedy, wireless internet, dan menggunakan satelit atau VSAT.
7.    yang perlu diperhatikan dalam menyambungkan modem telepon ke Internet adalah mengisi/mencentang.
8.    username & password untuk dial-up diperoleh dari ISP yang kita gunakan, misalnya Telkomnet@instant.
9.    cara kita melihat jaringan Hotspot : Klik pada gambar dua (2) layar yang saling berhimpit yang berada di pojok kanan layar desktop komputer kita. Ini akan menyebabkan sistem operasi Linux men-scan jaringan Wireless dan menampilkan nama-nama SSID HotSpot yang ada di sekitar kita.
10.       Mungkin, tetapi ada beberapa HotSpot yang kadang kala membutuhkan proses konfigurasi secara manual, ada juga yang meminta memasukkan password untuk terkoneksi dengan SSID yang kita pilih.
11.         Mungkin, karena seluruh konfigurasi dilakukan secara automatis oleh server DHCP yang berada di jaringan LAN.
12.       fungsi alamat IP address adalah menginformasikan alamat pengguna internet untuk keperluan internet agar server dapat mentransmisikan segala sesuatu yang diperlukan pengguna internet.
13.       cara mengecek sambungan ke Internet adalah mengklik Network Connection pada bagian pojok kanan bawah, lalu kita bisa melihat apakah computer kita tersambung ke internet atau tidak .
14.       jarak jangkau peralatan Wireless di RT/RW-net adalah sekitar 2-4 km.
15.       tidak perlu, karena dijarak 50 meter adalah jangkauan LAN RT/RW-Net.
16.       Perlu, agar masyarakat mendapatkan koneksi internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BISNIS