bisnis

hate the betrayalman angry at the betrayal

badai dengan sejuta rasa pahit. Derai diatas derita yang bergelumit. Tangan menengadah seakan tak satupun dosa jatuh genit. Dan kelicikan sang iblis kembali menggerogot dengan sengit.

Tuhan menciptakan makhluk luar biasa. Dengan segala rasa yang tak kuasa. Tetapi tanpa sadar dia berkata. Bahwa dia adalah Tuhan didunia. Apa hak kamu untuk mengaku dengan rasa.

Hidup sempit seperti raga tak bertulang belakang. Dengan sengajanya kau menindas kedalam hutan belaka. Dengan sejuta ranting dalam jelaga. Serta duri dan jeruji yang menusuk raga.

Srigala kembali hadir. Berbulu domba dengan sidang tanpa dosa. Tidur saat keperluan menimpa. Tanpa sadar menerima gaji buta. Dan kau tetap kau sang Iblis. Penyibak rasa haus dahaga. Dengan sejuta tangan kau renggut hak-hak rakyat negara. Dan tanpa kau sadari kau memang Manusia pemakan Otak Manusia. Manusia tanpa kelamin yang memang harus diinjak diatas meja hijau.

Dan takkan ada lagi sidang dalam mimpi.
Takkan ada lagi rapat dengan ditemani tontonan nafsu tak sudi.
Dan takkan ada lagi penggerogot jiwa dan raga diri.

BIsNIS

Rabu, 18 September 2013

ARTI BAHASA

Hakikat Bahasa

·         arti bahasa : KBBI 1990:66 sistem lambang bunyi berartikuasi yang bersigat sewenang-wenang dan konvensional yang dipakai sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran. “berbunyi, bersifat sewenang-wenang (tidak ada alasan logis untuk mengartinamakan)

·         kamus webster mendefinisikan “bahasa adalah sebuah sistem, yang memiliki pola dan aturan”. A systematic means of comunication ideas or feeling by the use of communication sign, sound, gestures,  or  mark having understood meanings.
Persamaan dari kedua pengertian di atas :
o   alat komunikasi antar manusia.
o   pengungkapan pikiran dan perasaan.
o   menggunakan simbol komunikasi baik berupa suara, gestur(sikap badan), atau tanda-tanda berupa tulisan.
Bahasa dalam linguistik
·         kridalaksana (1993:21) mengartikannya sebagai sebuah sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang dipergunakan oleh para anggota suatu masyarakan untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.
·         Pei dan Gaynor (1975:119) mengatakan bahwa bahasa adalah a system of communication by sound, i.e., through the organs of speech and hearing, among human beings of certain group or community, using vocal symbols possessing arbitrary conventional meaning.
Linguistik : ilmu tentang bahasa/ ilmu bahasa.

Hakikat bahasa
·         Bahasa itu sistematik
Sistematik artinya beraturan atau berpola. Bahasa memiliki sistem bunyi dan sistem makna yang beraturan.
·         Bahasa itu manasuka (arbitrer)
Manasuka atau arbiter adalah acak, bisa muncul tanpa alasan. Kata-kata (sebagai simbol) dalam bahasa bisa muncul tanpa hubungan logis dengan yang disimbolkannya.
§  Sangkil      > efisien
§  Mangkus  > efektif
§  Tetikus                > mouse
·         Bahasa itu vokal
Vokal dalam hal ini berarti bunyi. Bahasa mewujud dalam bentuk bunyi.
·         Bahasa itu simbol
Simbol adalah lambang sesuatu, bahasa juga adalah lambang sesuatu.
§  Bahasa ada 2
1.      Bahasa primer = bunyi
2.      Bahasa sekunder  = tulisan

·         Bahasa itu mengacu pada dirinya
Sesuatu disebut bahasa jika ia mampu dipakai untuk menganalisis bahasa itu sendiri.
·         Bahasa itu manusiawi
Bahasa itu manusiawi dalam artian bahwa itu adalah kekayaan yang hanya dimiliki umat manusia.
·         Bahasa itu komunikasi

Unsur-Unsur Dasar Bahasa
1.      Fonem
2.      Morfem
3.      Sinteksis
4.      Simatis
5.      Diskurs / wacana

Variasi Bahasa
Ø  Terjadinya variasi bahasa
Chaer & Agustina (2004) mengatakan bahwa variasi atau ragam bahasa dilihat sebagai akibat adanya keragaman sosial penutur bahasa dan keragaman fungsi bahasa.
Ø  Variasi dari segi penutur
1.      Idiolek yaitu variasi bahasa yang bersifat perseorangan. Variasi ini berkenaan dengan warna suara, pilihan kata, gaya bahasa, susunan kalimat, dsb.
2.      Dialek yaitu variasi bahasa dari sekelompok penutur yang jumlahnya relatif, yang berada pada suatu tempat, wilayah, atau area tertentu.
3.      Kronolek atau dialek temporal  yaitu variasi bahasa yang digunakan oleh kelompok sosial pada masa tertentu.
4.      Sosiolek atau dialek sosial yaitu variasi bahasa yang berkenaan dengan status, golongan dan kelas sosial para penuturnya.
Ø  Variasi dari segi Pemakainya
Variasi bahasa berkenaan dengan penggunaannya, pemakaiannya, atau fungsinya disebut fungsiolek, ragam, atau register (proses tawar menawar di jubel).
Variasi ini dibicarakan berdasarkan bidang penggunaan, gaya, atau tingkat keformalan, dan sarana penggunaan.

Tugas
1.      Cari pengertian bahasa dari orang awam ( teman sendiri ) minimal 3 orang. Dari pendapat ketiga orang awam tadi, tarik kesimpulan apa arti dari bahasa itu.
2.      Cari pengertian bahasa dari 3 ahli bahasa. Dari pendapat ketiga orang awam tadi, tarik kesimpulan apa arti dari bahasa itu.
3.      Berikan contoh pada hakikat bahasa tadi.


Selasa 24 september 2013 pukul 18.00 WIB di ruang dosen BI.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

BISNIS